Kamis, 05 Agustus 2010

Pesta Impun, Ribuan Warga Berebut Ikan Teri


Di Pelabuhan Ratu, Jawa Barat ada seubah pesta yang bernaman pesta Impun. Impun ini bukan seperti pesta lainnnya namun sebuah tradisi menangkap ikan impun. Yakni sejenis ikan teri yang pada bulan Juli ini melimpah di pesisir pantai Pelabuhan Ratu. Ribuan warga mulai dari anak anak dan orang tua menjaring ikan teri ini yang hasilnya lumayan menjadi rejeki tambahan.
Ribuan warga ini bukan berwisata menikmati indahnya pantai Pelabuhan Ratu di Sukabumi, Jawa Barat. Mereka adalah warga sekitar yang berlomba mencari ikan Impun. Sejenis ikan teri yang biasanya mulai banyak sepanjang bulan Juli ini atau bulan Maulud.

Baik anak anak maupun orang tua membaur disekitar hilir sungai cimandiri, cisolok, dan Sukamayana hingga sungai Cibareno yang berbatasan dengan Banten.

Menangkap impun ini sudah menjadi tradisi dan sangat ditunggu tunggu warga. Karena memberi rejeki tambahan.

Harga ikan ini cukup menggiurkan. Satu gelasnya Rp 7000. Dalam sehari para pemburu ikan impun bisa meraup uang Rp 100.000 - Rp 300.000. Mumun dan Ratno bahkan jauh jauh datang ke Pelabuhan Ratu untuk mencari ikan impun.

Selain di konsumsi sendiri, mereka juga menjualnya. Untuk mencari ikan impun ini, mereka sanggup tinggal 1 - 2 minggu.

Meskipun ombak pantai Pelabuhan Ratu terkenal ganas dan berbahaya, ribuan warga ini seolah tidak perduli. Mereka bahkan tambah semangat karena gulungan ombak yang besar malah membawa ikan yang banyak menepi ke pantai.

Pesta impun ini sendiri biasanya akan berakhir bila bulan Maulud sudah mau habis. Karena bulan lain, ikan ini sangat sulit didapatkan.(Wulan Saptu Hadi/Her)

sumber : www.indosiar.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar